Friday 27 January 2017

Setting Pencahayaan Vray SketchUp

 
Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk sharing kepada kalian bagaimana cara membuat setting dasar lighting menggunakan rectangular light. Disini saya membuat setting lighting tetapi dalam day scene yang berarti siang hari.

Pada tempat-tempat umum biasanya kita menjumpai ruangan yang tepapar sinar dari pencahayaan luar atau biasa disebut global illumination (GI), namun tetap membutuhkan sinar lampu sebagai penerangan tambahan. Pencahayaan tambahan yang saya gunakan disini adalah menggunakan lampu TL (Tubular Lamp) atau biasa kita sebut sebagai lampu neon seperti contoh pada ruangan diatas. 

Oke, disini saya menggunakan objek seperti diatas sebagai bahan tutorial dan mungkin keadaannya akan berbeda dengan scene yang anda miliki. karena disini saya hanya memberikan acuan yang kemudian anda olah sendiri sesuai dengan scene yang anda miliki. Perlu diketahui, saya menggunakan rectangular light sebagai pencahayaan lampu dan material emissive pada neon. 

Sebelumnya kita buat dahulu langkah vray option nya sebagai berikut : 


1. Global Switches


Pada opsi ini, berikan centang pada default lights agar cahaya default bisa muncul dan berikan pula centang pada max depth dengan value 5. 


2. System


Pada render region divison X Y saya menggunakan value 80 dengan region sequence Left-Right. dan Dynamic memory limit pada Raycaster params saya berikan value 500. jika spec pada laptop / PC anda mumpuni, anda bisa menaikkannya ke 1000 atau lebih tinggi. 


3. Camera


Kecilkan F-number menjadi 6 agar tidak terlalu gelap. Dan naikkan shutter speed menjadi 220.


4. Environment


Pada opsi ini, lakukan seperti pada contoh diatas dan klik M pada GI (skylight)


Disini saya tidak menggunakan HDRI, saya hanya menggunakan TexSky dan ikuti opsi seperti diatas. berikan opsi yang sama pada Reflection / refraction (background) dan Reflection. Jangan lupa untuk uncheck pada Reflection setelah memberikan opsi tersebut. 



5. Image Sampler (Antialiasing)


Hapus centang pada Use DMC sample thresh, dan berikan value 0,005 pada clr thresh


6. Color Mapping


Pada opsi ini DMC Sampler saya biarkan secara default, saya langsung ke Color mapping, disini saya menggunakan type Reinhard dengan settingan default hanya saja uncheck linear workflow dan checklist seperti pada gambar diatas. 


7. Output


Langsung ke bagian Output, pada bagian ini tidak ada ketentuan khusus karena ini adalah ukuran hasil rendering. Biasanya disesuaikan dengan kebutuhan kita, karena disini hanya bersifat preview saya menggukan ukuran 800x500. Semakin besar resolusi gambar maka akan semakin bagus pula kualitas gambar yang kita miliki.


8. Indirect Illumination (GI)


Checklist Ambient Occlusion (AO).


9. Irradiance Map


Pada bagian ini saya menggunakan settingan default. 


10. Light Cache


Opsi ini saya hanya menaikkan Calculation parameters Subdivs ke 950, selebihnya saya biarkan default. 

Yups... saya hanya menggunakan setting vray seperti ini saja, selebihnya menurut saya sudah cukup jadi tidak perlu setting yang lebih komples lagi pada tutorial ini. 
Selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit tetang material editor, karena disini ada beberapa material yang memberikan efek pantulan dari hasil pencahaan lampu tersebut. Dari contoh gambar yang saya berikan diatas adalah keramik, si lampu itu sendiri, kaca, dan beberapa material yang memungkinkan untuk memberikan efek refleksi. 

Anda bisa mengaktifkan Paint Bucket atau menekan tombol "B" pada keyboard anda dan menggunakan icon sample paint sebagai color picker untuk memilih material mana yang akan diedit. setelah anda memilih material yang akan diedit silahkan klik icon "M" pada vray material editor. 


Disitu material keramik yang saya gunakan bernama Tile_Ceramic_bla bla bla, kemudian klik kanan, create layer, Reflection. Maka tab reflection baru akan muncul setelah diaktifkan. setelah itu berikan material editor atau klik tobol "M" pada tab general - reflection. 


Pada tab preview, berikan TexFresnel dengan settingan default. (biasanya untuk versi vray yang lebih baru sudah otomatis terpasang texfresnel nya). 


Pada tab Maps, disini saya menggunakan TexBitmap sebagai Bump dengan value 3. kalau anda tidak memiliki bump map, bisa di lewati saja bagian ini.


Nah, ini adalah bagian dari lampu TL yang dimana terdiri atas rumah lampu (no.1) dan bagian yang menyala (no.2). pada bagian yang ditandai dengan nomor 1 memungkinkan terjadinya refleksi, jadi bisa anda buat dengan cara yang sama seperti diatas dan untuk bagian neon anda bisa melakukan setting seperti dibawah ini. 


Disitu tertera Material1 sebagai material neon yang saya gunakan dan mungkin berbeda nama dengan file anda, kemudian anda buat layer reflection dan emissive.


Perhatikan bagian diffuse, ubah color menjadi kurang lebih seperti diatas/ke abu-abuan.
Oke, setelah itu coba render untuk melihat koreksi dari lampu tersebut. 


Nah, sudah terlihat real bagian lampu nya. Dan sekarang kita akan membuat lampu nya menyala. kita akan berikan rectangular light dan menambahkan multiplier pada material emissive dengan cara seperti dibawah. 


Naikkan value menjadi 15 pada multiplier material emissive nya. 


Kemudian buat rectangular light, dan posisinya agak dirunkan kebawah lalu klik kanan pilih vray for sketchup lalu pilih edit light. Lihat seperti pada contoh diatas,


Berikan settingan seperti diatas. setelah itu coba render kembali.


Nah, sekarang lampu nya sudah menyala. Bagaimana? mudah bukan?

Oke... mungkin cukup sampai disini tutorial dasar lighting nya, Semoga dari apa yang saya berikan mudah dipahami dan bisa digunakan sebagai acuan kedalam scene anda.
Sekian posting saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk berbagi saran dan komentar apabila ada masukan yang bersifat membangun. Dan terimakasih telah berkunjung ke www.enggar3design.blogspot.co.id 

14 comments:

  1. Untuk no 10 di atas yaitu ies light bisa lihat di blog saya untuk tutorialnya
    http://saidgank.blogspot.com/2017/02/tutorial-cara-mengatur-pencahayaan-ies-light-vray.html

    ReplyDelete
  2. kalau bentuk lampunya bolam gimana caranya ya? cara diatas saya coba diaplikasikan di objek yg bulat/bolam itu gak bisa nyala gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja kok gan, coba intensitas cahayanya dinaikkan. Untuk bagian kaca bolhamnya bisa ditambah material emissive

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. cara rectangular lightnya gk keliatan gmn ???

    ReplyDelete
  5. gan kalo pas klik edit light malah muncul enable to edit - no asset blabla itu kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cut lightnya, terus di paste in place ke luar gan (jangan dimasukan di group ato komponen apapun) atur settingannya, terus cut lalu paste in place lagi ke komponen ato group awalnya.

      Delete
  6. Gan sorry masih newbie. Untuk memunculkan vray option dimana ya

    ReplyDelete
  7. Mantap gan samgat membantu
    kalau bisa ada tutuor di youtube gan

    ReplyDelete