Pada kesempatan ini kita akan mencoba membuat scene interior dasar, dengan menggunakan pencahayaan dari luar tanpa menggunakan cahaya lampu. Ini merupakan teknik sederhana/permulaan dalam menggunakan plugins Vray SketchUp. Secara default kita sudah bisa langsung merender tanpa melakukan setting terlebih dahulu, akan tetapi settingan default dari Vray tidaklah terlalu sempurna untuk menghasilkan scene yang sesuai dengan keinginan.
Anda dapat membuat desain interior dengan setting Vray seperti dibawah ini dan gambar diatas adalah hasil dari setting tersebut.
1. Global Switch
> Lighting options
·
Checklist hidden lights ( agar mempengaruhi pencahayaan walau
lampunya kita sembunyikan )
2. Image sampler
·
Type adjective DMC
·
Max. subdivs = 4
·
Anti aliasing à area = 1
3. System
> Settings ray caster
·
Max. depth = 80
·
Dynamic memory limitnya dapat kita ubah menjadi 2000, agar
lebih cepat dalam merender, tetapi butuh spec komputer yang tinggi. Apabila
spec komputernya tidak tinggi, kita bisa gunakan limitnya menjadi 500 atau
kebawah.
> Settings Regions Generator
·
Width = 64
·
Height = 64
·
Oder = left – right
4. Displacement
> Gunakan setting default
5. Environment
> GI color à klik M
à
text sky à … à sunlight ( pada BG colour settingnya juga sama )
> General
·
Checklist invisible ( agar bulatan matahari tidak terlihat )
·
Ozone = 1 ( semakin besar nilai ozone maka langitnya akan
berwarna kebiruan, semakin keci nilai ozone maka langitnya akan berwarna
kekuningan )
·
Intensity = 0.25 ( agar tidak terlalu terang )
·
Size = 2 ( size matahari mempengaruhi besar bayangan, semakin
kecil bayangan akan semakin tajam )
> Shadows
·
Checklist on
·
Subdivs = 20 ( semakin besar nilai subdivs, maka bayangan
akan semakin halus )
6. Camera
> Camera physical
Setting yang akan kita
gunakan adalah setting interior atau dalam ruangan, sehingga mempunyai efek
yang cenderung gelap. Karenanya, kita akan membuat setting yang terang.
·
Shutter speed = 50
·
Film speed ( ISO ) = 400
·
F Number = 4 [ catatan : kalau ruangannya terlalu terang,
coba naikkan F Numbernya menjadi 6 ]
·
Uncheck vignetting ( vignetting yang membuat gelap pada ujung
ruangan. Kita uncheck vignetting agar bagian yang gelap bisa hilang )
7. Output
·
Check override output, kemuadian pilih size ukuran gambar
yang akan menjadi hasil render. ( terkadang proporsinya viewnya berubah )
Rekomendasi : gunakan “get view aspect” agar hasil render
sesuai dengan screen pada monitor.
8. Indirect illumination
> GI
·
Checklist on
> Ambient occlusion ( yang
membuat pertemuan bayangan menjadi tajam )
·
Checklist on
·
Radius = 5
·
Subdivs = 15
> Primary engine
·
Primary multiplier = 1
> Secondary engine
·
Secondary multiplier = 0.8
9. Irradiance map
> Basic parameters
·
Min. rate = -4
·
Max. rate = -3
·
Colour threshold = 0.4
10. Light cache
> Calculations parameter
·
Subdivs = 700
11. DMC sampler
> Path sampler = legalicy
12. Colour mapping
·
Type = exponentials
·
Bright multiplier = 1
·
Checklist clamp output
Anda bisa mendownload skp file dalam bentuk rar pada link link dibawah ini :
download living room model
Untuk model ruangan yang menggunakan cahaya lampu neon, anda bisa menambahkan settingan tersebut pada artikel Pencahayaan Dasar Rectangular Light Interior Vray SketchUp.
Sekian posting saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk berbagi saran dan komentar apabila ada masukan yang bersifat membangun. Dan terima kasih telah berkunjung ke www.enggar3design.blogspot.com
nice...di lanjut gan,,,dengan fungsi2 settingan vray nya satu2,,,contoh bahas global switch dulu...semua,,heehe
ReplyDeleteini dia yg ane cari , thankz banget gan :D :D :D
ReplyDeletekalo untuk settingan material eksterior ama interior ada gx gan ??
Gan maaf baru sempet bales, yang eksteriornya sudah di post :)
Deleteaku copas ya gan
ReplyDeletesilahkan, tapi gunakan untuk hal yang positif ya :)
Deletegan kalo setting materialnya punya ngga
ReplyDeletethanks before
halo,, sy sdh coba render sesuai anjuran ..hanya saja ada titik2 di area gelap(bayangan) spt noise gitu..gmn ngatasinya? thx ya
ReplyDeleteHmmm vignettingnya di uncheck aja, atau masuk ke irradiance map terus di basic parameters ubah value min rate sama max rate nya. Misal min rate -3 max rate 1. Kalo masih noise juga itu bisa di perhalus di photoshop
Deletework om (berhasil). sebelumnya saya sempat kira bercak putih itu efek dari noise atau pembiasan apalah saya gak ngerti (heheee...). Maklum newbie & bukan bidang saya bikin building di sketchup, tapi saya hobi aja bikin building minimalis (heheee...). Yaa istilahnya kayak kalimat yang ada di belakang truk "Sekedar Hobi, Bukan Profesi). heheee...
DeleteTerima kasih om :D
Mantabz nih sharing ilmu nya. Tks Gan, moga makin sukses (y)
ReplyDeleteThanks gan atas supportnya...
DeleteMas v-ray nya versi berapa, dmna sy bisa download versi yg sama, trmksih.
ReplyDeleteVray yg saya pake versi 2.0 SP 1. Kalau mau download searching aja di google.
Deletesaya baru belajar mas, mau tanya, visopt itu apa yaa?
ReplyDeleteSangat bermanfaat gan Izin copas ya gan. Terima kasih
ReplyDeletesalken gan..
ReplyDeletenice share gan,ijin copas ya gan, iy masih newbie mo belajar render interior
oh ya file living room nya ngga bisa di donlot ya..
musa.sulaeman@gmail.com
Masih bisa di download kok gan
DeleteMasih bisa di download kok gan
Deletekalau hasil rendering hitam ,ada solusi gaK Gan
ReplyDeletehasilnya full hitam gan , ane bingung penyebabnya apa gan
DeleteR-G-B pada vray frame buffer mungkin tidak dinyalakan
Deletehallo, saya mau tanya kalau bikin mengkilat gitu setting rendernya gimana ya? samaa setting light buat di interiornya ?
ReplyDeleteMasuk ke material editor, kemudian klik kanan material yg mau dibuat mengkilat dan tambahkan reflection. Beri tekstur fresnel. Untuk setting light mungkin nanti menyusul aja tutorialnya ya hehe
Deletemantapssss gannn . makasih infonya ,
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletesetelah di rander, ada kotak2 hitam di hasil randernya... itu kenapa ya ? apakah ada yang bisa di lakukan ? untuk mengatasinya...
ReplyDeleteSangat Membantu Gan terimakasih, di tunggu trobosan barunya
ReplyDeletegan ane mau render interior kok hasilnya barang2nya putih semua ya ? thx before
ReplyDeletedi global switches, hapus centang di override materials
DeleteGa bisa di download boss
ReplyDeleteIjin copas gan.. semoga bermanfaat buat saya dan yg membacanya ,,
ReplyDeleteGan, kalo mau bikin lampu sama bikin kacanya lebih transparan di hasil rendernya gimana ya?
ReplyDeleteI love the way you write and share your niche! Very interesting and different! Keep it coming! Windows and Doors
ReplyDeleteIjin copy ya mas, buat referensi belajar saya :)
ReplyDelete