Friday, 25 January 2013

Setting Vray Interior SketchUp


Pada kesempatan ini kita akan mencoba membuat scene interior dasar, dengan menggunakan pencahayaan dari luar tanpa menggunakan cahaya lampu. Ini merupakan teknik sederhana/permulaan dalam menggunakan plugins Vray SketchUp. Secara default kita sudah bisa langsung merender tanpa melakukan setting terlebih dahulu, akan tetapi settingan default dari Vray tidaklah terlalu sempurna untuk menghasilkan scene yang sesuai dengan keinginan.

Anda dapat membuat desain interior dengan setting Vray seperti dibawah ini dan gambar diatas adalah hasil dari setting tersebut.


     1.     Global Switch
>  Lighting options
·         Checklist hidden lights ( agar mempengaruhi pencahayaan walau lampunya kita sembunyikan )

     2.      Image sampler
·         Type adjective DMC
·         Max. subdivs = 4
·         Anti aliasing  à area = 1


     3.      System
>  Settings ray caster
·         Max. depth = 80
·         Dynamic memory limitnya dapat kita ubah menjadi 2000, agar lebih cepat dalam merender, tetapi butuh spec komputer yang tinggi. Apabila spec komputernya tidak tinggi, kita bisa gunakan limitnya menjadi 500 atau kebawah.
>  Settings Regions Generator
·         Width = 64
·         Height = 64
·         Oder = left – right

     4.      Displacement
>  Gunakan setting default

     5.      Environment
>  GI color  à  klik M  à  text sky  à  …  à sunlight  ( pada BG colour settingnya juga sama )
>  General
·         Checklist invisible ( agar bulatan matahari tidak terlihat )
·         Ozone = 1 ( semakin besar nilai ozone maka langitnya akan berwarna kebiruan, semakin keci nilai ozone maka langitnya akan berwarna kekuningan )
·         Intensity = 0.25 ( agar tidak terlalu terang )
·         Size = 2 ( size matahari mempengaruhi besar bayangan, semakin kecil bayangan akan semakin tajam )
>  Shadows
·         Checklist on
·         Subdivs = 20 ( semakin besar nilai subdivs, maka bayangan akan semakin halus )

     6.      Camera
>  Camera physical
Setting yang akan kita gunakan adalah setting interior atau dalam ruangan, sehingga mempunyai efek yang cenderung gelap. Karenanya, kita akan membuat setting yang terang.
·         Shutter speed = 50
·         Film speed ( ISO ) = 400
·         F Number = 4 [ catatan : kalau ruangannya terlalu terang, coba naikkan F Numbernya menjadi 6 ]
·         Uncheck vignetting ( vignetting yang membuat gelap pada ujung ruangan. Kita uncheck vignetting agar bagian yang gelap bisa hilang )

     7.     Output
·         Check override output, kemuadian pilih size ukuran gambar yang akan menjadi hasil render. ( terkadang proporsinya viewnya berubah )

Rekomendasi : gunakan “get view aspect” agar hasil render sesuai dengan screen pada monitor.

     8.      Indirect illumination
>  GI
·         Checklist on
>  Ambient occlusion ( yang membuat pertemuan bayangan menjadi tajam )
·         Checklist on
·         Radius = 5
·         Subdivs = 15
>  Primary engine
·         Primary multiplier = 1
>  Secondary engine
·         Secondary multiplier = 0.8


9.    Irradiance map
>  Basic parameters
·         Min. rate = -4
·         Max. rate = -3
·         Colour threshold = 0.4

     10.  Light cache
>  Calculations parameter
·         Subdivs = 700


     11.  DMC sampler
>  Path sampler = legalicy


     12.  Colour mapping
·         Type = exponentials
·         Bright multiplier = 1
·         Checklist clamp output


Anda bisa mendownload skp file dalam bentuk rar pada link link dibawah ini :
download living room model

Untuk model ruangan yang menggunakan cahaya lampu neon, anda bisa menambahkan settingan tersebut pada artikel Pencahayaan Dasar Rectangular Light Interior Vray SketchUp.

        Sekian posting saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk berbagi saran dan komentar apabila ada masukan yang bersifat membangun. Dan terima kasih telah berkunjung ke www.enggar3design.blogspot.com

34 comments:

  1. nice...di lanjut gan,,,dengan fungsi2 settingan vray nya satu2,,,contoh bahas global switch dulu...semua,,heehe

    ReplyDelete
  2. ini dia yg ane cari , thankz banget gan :D :D :D
    kalo untuk settingan material eksterior ama interior ada gx gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan maaf baru sempet bales, yang eksteriornya sudah di post :)

      Delete
  3. Replies
    1. silahkan, tapi gunakan untuk hal yang positif ya :)

      Delete
  4. gan kalo setting materialnya punya ngga

    thanks before

    ReplyDelete
  5. halo,, sy sdh coba render sesuai anjuran ..hanya saja ada titik2 di area gelap(bayangan) spt noise gitu..gmn ngatasinya? thx ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm vignettingnya di uncheck aja, atau masuk ke irradiance map terus di basic parameters ubah value min rate sama max rate nya. Misal min rate -3 max rate 1. Kalo masih noise juga itu bisa di perhalus di photoshop

      Delete
    2. work om (berhasil). sebelumnya saya sempat kira bercak putih itu efek dari noise atau pembiasan apalah saya gak ngerti (heheee...). Maklum newbie & bukan bidang saya bikin building di sketchup, tapi saya hobi aja bikin building minimalis (heheee...). Yaa istilahnya kayak kalimat yang ada di belakang truk "Sekedar Hobi, Bukan Profesi). heheee...
      Terima kasih om :D

      Delete
  6. Mantabz nih sharing ilmu nya. Tks Gan, moga makin sukses (y)

    ReplyDelete
  7. Mas v-ray nya versi berapa, dmna sy bisa download versi yg sama, trmksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vray yg saya pake versi 2.0 SP 1. Kalau mau download searching aja di google.

      Delete
  8. saya baru belajar mas, mau tanya, visopt itu apa yaa?

    ReplyDelete
  9. Sangat bermanfaat gan Izin copas ya gan. Terima kasih

    ReplyDelete
  10. salken gan..
    nice share gan,ijin copas ya gan, iy masih newbie mo belajar render interior
    oh ya file living room nya ngga bisa di donlot ya..
    musa.sulaeman@gmail.com

    ReplyDelete
  11. kalau hasil rendering hitam ,ada solusi gaK Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya full hitam gan , ane bingung penyebabnya apa gan

      Delete
    2. R-G-B pada vray frame buffer mungkin tidak dinyalakan

      Delete
  12. hallo, saya mau tanya kalau bikin mengkilat gitu setting rendernya gimana ya? samaa setting light buat di interiornya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke material editor, kemudian klik kanan material yg mau dibuat mengkilat dan tambahkan reflection. Beri tekstur fresnel. Untuk setting light mungkin nanti menyusul aja tutorialnya ya hehe

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. setelah di rander, ada kotak2 hitam di hasil randernya... itu kenapa ya ? apakah ada yang bisa di lakukan ? untuk mengatasinya...

    ReplyDelete
  15. Sangat Membantu Gan terimakasih, di tunggu trobosan barunya

    ReplyDelete
  16. gan ane mau render interior kok hasilnya barang2nya putih semua ya ? thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. di global switches, hapus centang di override materials

      Delete
  17. Ijin copas gan.. semoga bermanfaat buat saya dan yg membacanya ,,

    ReplyDelete
  18. Gan, kalo mau bikin lampu sama bikin kacanya lebih transparan di hasil rendernya gimana ya?

    ReplyDelete
  19. I love the way you write and share your niche! Very interesting and different! Keep it coming! Windows and Doors

    ReplyDelete
  20. Ijin copy ya mas, buat referensi belajar saya :)

    ReplyDelete